Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/nestspa/public_html/blog1/wp-content/plugins/jetpack/modules/infinite-scroll/infinity.php on line 155
Pijat Refleksi Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) - NEST Blog

Siapa diantara kita yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi? Banyak orang yang masih salah paham tentang hal yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa kesalahpahaman umum menurut American Heart Association:

Mitos: Tekanan darah tinggi memiliki banyak gejala.
Fakta: Tekanan darah tinggi TIDAK memiliki gejala tertentu. Itu sebabnya sering disebut sebagai ‘silent killer‘.

Mitos: Tekanan darah tinggi hanya menyerang pria.
Fakta: Tekanan darah tinggi dapat menyerang siapa pun. Bahkan, wanita perlu mewaspadai tekanan darah tinggi karena memiliki risiko yang lebih besar dibandingkan laki-laki.

Mitos: Kita tidak perlu memeriksa tekanan darah tinggi kita sampai mencapai usia paruh baya.
Fakta: Anak-anak berumur enam tahun pun dapat memiliki tekanan darah tinggi. Sebaiknya lebih baik kita mulai memeriksa tekanan darah kita mulai dari usia dini.

Salah satu cara yang efektif untuk mencegah tekanan darah tinggi secara alami adalah dengan terapi pijat refleksi. Penelitian jangka panjang menunjukkakn bahwa pijat refleksi secara konsisten dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik; menurunkan tingkat hormon stres kortisol saliva dan urin; dan menurunkan penyebab depresi, kecemasan, dan kemarahan, serta banyak manfaat lainnya.

Manfaat berkurangnya tekanan darah tinggi:

  • Menurunkan depresi, kecemasan dan kemarahan.
  • Menjaga tingkat hormon stres tetap terkendali.
  • Tekanan darah rendah dapat menurunkan kemungkinan terkena serangan jantung, gagal ginjal, atau stroke.