Salah satu poin penting dari setiap prosedur operasi bedah adalah proses pemulihan pasca operasi. Pada proses ini pasien akan belajar kembali untuk menggerakan anggota tubuh secara alami, dan keleluasaan pergerakan tubuh mungkin akan dipaksa untuk digerakkan. Pijat refleksi memainkan peran penting sebagai pelengkap prosedur standar pemulihan pasca-operasi.

Johnny C. Benjamin, seorang dokter bedah tulang belakang, menjelaskan bagaimana pijat refleksi dapat membantu mendorong proses penyembuhan. “Pijatan sangat membantu untuk membawa darah dan nutrisi ke daerah yang perlu diperbaiki jaringannya. Pijat juga dapat membantu memecah jaringan yang terluka dan menjaga agar otot lentur sehingga mengurangi perkembangan jaringan luka berkembang di tempat tersebut.”

Dengan meningkatkan sirkulasi sambil merileksasi otot-otot, pijat refleksi dapat membantu tubuh memompa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke jaringan dan organ-organ vital. Hal ini memungkinkan area pasca-operasi menjadi lebih luwes dan proses pemulihan menjadi lebih cepat.

Bahkan jika tidak ada cedera pun, pijat refleksi dapat membantu seorang atlet dari semua level untuk meningkatkan fleksibilitas dan kelenturan otot. Terapis pijat yang profesional juga dapat meluruskan otot-otot di daerah yang sulit.

Berikut ini manfaat pijat refleksi bagi kita yang sedang dalam proses pemulilhan pasca-operasi:

  • Membantu tubuh untuk memompa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke jaringan dan organ-organ vital.
  • Mempercepat proses pemulihan operasi pembedahan.
  • Membantu meningkatkan pergerakan sendi dan fleksibilitas tubuh.