Ketiak hitam memang tidak menunjukkan adanya masalah kesehatan yang serius namun sering menyebabkan pemiliknya merasa tidak percaya diri. Kulit ketiak memiliki banyak kelenjar keringat sehingga mudah iritasi dan menghitam ketika dicukur dan dioleskan deordorant. Berikut adalah cara mencerahkan kulit ketiak secara alami.

Baking Soda

Baking soda dapat digunakan sebagai scrub untuk mengangkal sel kulit mati agar kulit ketiak tiak hitam. Ambil satu sendok makan baking soda lalu campur dengan air secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ke kulit ketiak lalu tunggu hingga mengering. Lakukan setiap hari sebelum mandi hingga kulit ketiak semakin cerah. Hindari pemakaian dalam jangka waktu yang terlalu lama untuk menghindari iritasi.

 

 

Lemon

Lemon terkenal dengan kandungan Vitamin C yang dapat mencerahkan kulit dan mencegahnya agar tidak kusam. Kandungan antiseptik yang ada di dalamnya dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap saat kita sedang berkeringat. Cara menggunakannya sangat mudah, oleskan irisan lemon 3 – 5 menit ke kulit ketiak. Lakukan secara teratur setiap harinya agar hasilnya lebih optimal. Pada hari ke-7 perubahan akan mulai terlihat.

 

Kentang

Kentang memiliki asam alami yang dapat melakukan bleaching pada kulit yang memiliki noda hitam. Selain itu asam ini juga dapat berfungsi untuk membasmi bakteri dan mengurangi rasa gatal akibat iritasi. Sebelum mandi, parut kentang sampai halus lalu oleskan ke kulit ketiak selama lima belas menit. Lakukan dengan teratur setiap hari.

 

Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu antioksidan yang dapat membuat kulit menjadi lebih halus. Vitamin E yang ada di dalamnya dapat menyamarkan noda-noda hitam. Sebelum menggunakan minyak zaitun, bersihkan dan kulit ketiak terlebih dahulu menggunakan air hangat agar pori-pori kulit terbuka. Oleskan minyak zaitun secara merata ke kulit setiap hari sebelum tidur.

 

Cuka Apel

Cuka apel telah lama dikenal untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat pada wajah. Asam yang terkandung di dalamnya tidak hanya membunuh bakteri penyebab iritasi tetapi juga mengurangi bau ketiak yang tidak sedap. Cuka dapat digunakan dengan mencampurkannya dengan air, atau mungkin ditambahkan dengan baking soda, setiap harinya. Hindari penggunaan cuka apel yang murni pada kulit agar tidak menimbulkan iritasi.

 

Proses pencerahan kulit ketiak dapat dipercepat dari dalam. Konsumsi buah dan sayur-sayuran secara teratur dan minum air putih secukupnya dapat membantu sel-sel untuk beregenerasi. Hindari mencukur kulit ketiak terlalu sering agar tiak terjadi iritasi yang bisa menimbulkan noda hitam di ketiak.