Banyak dari kita, yang khususnya tinggal di perkotaan, mengalami sakit kepala mulai dari sakit kepala ringan hingga kronis dan migrain. Masalah sakit kepala tersebut akan melemahkan kondisi badan kita dan biasanya disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi dan / atau kurang tidur. Jadi tak heran mengapa begitu banyak orang yang ingin tahu bagaimana untuk meredakan ketegangan yang diakibatkan oleh sakit kepala.

Pijat refleksi memiliki dua peran penting untuk mengobati migrain dan ketegangan akibat sakit kepala:

Peran proaktif, perawatan pijat refleksi yang dilakukan secara teratur dapat membantu tubuh mempertahankan tingkat relaksasi dan meringankan stres secara optimal. Cara ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya migrain dan ketegangan akibat sakit kepala secara signifikan dengan merelaksasi otot dan menekan pusat syaraf.

Peran kenyamanan, pijat refleksi dilakukan untuk mengurangi tekanan yang diakibatkan selama migrain atau ketegangan terkait masalah sakit kepala. Dengan memfokuskan pijatan pada leher, bahu dan kepala, pijat refleksi dapat mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh migrain atau ketegangan sakit kepala.

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan pijatan selama seminggu mengalami migrain lebih sedikit dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik selama tiga minggu kedepannya, dibandingkan orang yang tidak mendapatkan terapi pijat. Studi lain menemukan bahwa pada orang dewasa yang mengalami sakit kepala migrain, terapi pijat refleksi dapat menurunkan terjadinya sakit kepala, gangguan tidur dan gejala stres. Hal tersebut juga meningkatkan kadar serotonin, yang diyakini memiliki peran penting dalam mengatur suasanan hati, tidur dan nafsu makan.

Berikut ini manfaat pijat refleksi yang terkait dengan sakit kepala:

  • Mengurangi terjadinya sakit kepala, gangguan tidur dan gejala stres lainnya
  • Memungkinkan kita mempertahankan tingkat relaksasi dan meringankan stres, dan mengurangi kemungkinan terjadinya migrain yang disebabkan oleh stres
  • Terapi pijat untuk sakit kepala juga dapat mengurangi kekejangan otot