Banyak orang yang salah mempersepsikan definisi diet. Padahal diet seharusnya dimaknai sebagai cara mengontrol asupan makanan dan minuman di dalam tubuh. Cara-carannya sendiri ada beragam tergantung program jenis diet apa yang hendak dipilih, dan apa tujuan dietnya.

Diet sendiri pada dasarnya dibagi menjadi 3, yaitu:

– Diet untuk mengurangi berat badan
– Diet untuk mengembalikan bentuk tubuh, dan
– Diet untuk tujuan kesehatan

Dalam diet untuk mengurangi berat badan, biasanya dilakukan oleh para atlet sepulang dari berlibur. Ya, liburan memang akan meningkatkan berat badan seseorang, tidak terkecuali para atlet. Oleh karena itu, untuk mengurangi berat badannya, para atlet akan melakukan diet dengan cara:

– Mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak dan gula
– Meningkatkan jumlah latihan atau olahraga
– Mengurangi stress yang dapat meningkatkan penggumpalan lemak

Sementara itu, diet untuk mengembalikan bentuk tubuh umumnya dilakukan oleh para ibu pasca melahirkan. Sama seperti diet untuk mengurangi berat badan, diet untuk mengembalikan bentuk tubuh juga memerlukan pengendalian asupan makanan (terutama karbohidrat dan lemak), serta memperbanyak olahraga seperti jogging, yoga, dan pilates.

Dan untuk anda yang ingin memperbaiki penampilan, maupun atas dasar kesehatan maka diet adalah jawabannya. Namun seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, diet bukanlah berarti berpuasa ataupun tidak makan dan minum. Diet adalah program memperbaiki asupan gula dan lemak dengan cara:

– Mengurangi asupan makanan yang mengandung gula dan lemak
– Memperbanyakan kegiatan olahraga untuk mempercepat pembakaran lemak dan gula
– Mengurangi stress yang dapat memicu hormon pembentukan lemak

Di saat diet, pada dasarnya anda tidak perlu takut untuk makan apa saja selama tidak terlalu berlebihan, memilih makanan yang sedikit mengandung lemak dan gula, serta memperbanyak olahraga.

Bagi anda yang bingung harus makan apa selama program diet, beberapa makanan ini dapat menjadi pilihan yang pastinya akan membantu kesuksesan program diet anda, di antaranya adalah:

1. Pilihlah Makanan yang Menyehatkan

Pada dasarnya, anda perlu untuk tetap bugar meskipun sedang diet. Oleh sebab itu, pastikan anda tetap mendapatkan asupan vitamin dan gizi yang memang dibutuhkan tubuh. Beberapa makanan sehat ini antara lain adalah :

Sayur Mayur

Kebanyakan sayur mayur sangat baik untuk kesehatan anda. Namun beberapa yang sangat direkomendasikan antara lain buncis, sayur bayam, kol, dan sayur bening lainnya.

Hindari konsumsi kangkung karena dapat memberikan efek lapar, malas, dan mengantuk.

Buah-buahan

Berbagai buah sangat baik dalam membantu keberhasilan program diet. Beberapa yang sangat direkomendasikan adalah buah tomat, pisang, apel, dan pepaya.

Baik pisang, apel, dan pepaya memiliki rasa manis namun tidak menyebabkan diabetes dan penumpukan gula sehingga sangat baik sebagai alternatif anda yang menyukai manisan.

Buah-buahan ini dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung maupun diolah sebagai minuman jus yang menyegarkan. Namun jika diolah menjadi jus, harus diingat untuk tidak mencampurkan gula ke atasnya.

2. Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Diet Menjadi Gagal

Saat diet, pada dasarnya anda dapat memakan makanan apa saja. Namun jumlahnya haruslah dapat anda kontrol agar tidak mengakibatkan penumpukan gula dan lemak.

Beberapa makanan sangat tidak layak untuk dikonsumsi saat diet, diantaranya adalah :

Nasi

Makanan pokok ini mengandung asupan gula yang sangat tinggi sehingga harus anda hindari saat melakukan program diet. Namun bukan berarti anda tidak boleh memakan nasi. Cobalah kurangi porsi nasimu, dan perbanyak memakan buah-buahan.

Cara lain adalah dengan mengganti nasi dengan makanan pokok lain yang lebih rendah gula seperti oatmeal, sagu, ataupun kentang.

Rokok dan Minuman Keras

Dua hal ini dapat menyebabkan kegagalan diet yang disebabkan tubuh gagal melakukan metabolisme pembakaran gula dan lemak di tubuh. Akibatnya adalah penumpukan gula dan lemak sehingga meningkatkan resiko diabetes dan obesitas.

Itulah beberapa makanan yang layak dimakan untuk membantu kesuksesan program diet anda. Pada dasarnya, program ini dapat berhasil jika anda:

– Konsisten dan yakin selama melakukan program diet
– Tidak terpengaruh oleh stress
– Menambah waktu olahraga untuk membantu mempercepat proses pembakaran gula dan lemak

Pijat refleksi dan spa bisa menjadi tambahan program diet anda. Massage dan reflexology dapat membuat anda menjadi relaks dan mengurangi stress, yang tentu saja ini akan membantu program diet yang sedang anda jalani. NEST Family Reflexology & Spa menjadi pilihan terbaik bagi Anda karena suasana yang nyaman dan memiliki terapis bersertifikat.