pijat-refleksi

Cedera pada otot sekarang ini lebih umum dialami oleh manusia dibandingkan 50 tahun yang lalu. Penyebabnya bukan karena kita melakukan berolahraga lebih keras, namun karena kita lebih sering duduk. Yang lebih parah, semakin usia kita bertambah maka sendi kita cenderung jadi mengencang, hal ini membuat berbagai gerakan dan fleksibilitas tubuh kita menjadi terbatas.

Pijat refleksi merupakan treatment yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan fleksibilitas gerakan tubuh kita. Gerakan pijatan teratur yang berfokus pada otot, jaringan ikat, tendon, ligamen dan sendi, akan meningkatkan fleksibilitas tubuh dan pergerekan sendi kita. Hal ini tentu akan menjaga sendi kita dinamis dan membuat kerentanan terhadap cedera pada tubuh kita menjadi berkurang.

Seperti yang dapat kita lihat, pijat refleksi adalah cara yang baik untuk mengendurkan otot-otot kaku, merangsang aliran darah dan meningkatkan fleksibilitas. Membuat tubuh kita melakukan peregangan secara teratur.

Salah satu manfaat dari peregangan tubuh adalah memperbaiki sirkulasi darah, yang nantinya akan membantu proses pemulihan penyakit dan pencegahan penyakit. Otot yang tidak kaku juga akan memperbaiki postur tubuh dan jangkauan pergerakan sendi. Peregangan dan pijat bahkan lebih penting bagi kita yang aktif secara fisik, otot yang kendur mengurangi kerentanan terhadap cedera dan keseleo selama proses berlatih.

Menggabungkan pijat dan peregangan ke dalam rutinitas kebugaran harian kita juga akan membantu mengurangi rasa sakit setelah latihan. Melakukan peregangan sebelum latihan juga akan membantu kebebasan pergerakan tubuh ketika latihan dan membuat sesi latihan menjadi lebih lama, karena peregangan akan membantu mencegah penumpukan asam laktat dalam darah kita. Pijat setelah latihan juga dapat membantu proses pemulihan dan relaksasi tubuh kita.

Berikut beberapa manfaat dari meningkatnya fleksibilitas dan pergerakan sendi kita:

  • Menstimulasi produksi pelumas alami tubuh untuk menjaga fleksibilitas tubuh kita
  • Dapat meningkatkan performa atletik
  • Membantu mencegah cedera bagi yang memiliki gaya hidup aktif