Kita semua pasti telah merasakan rasa nyeri di badan akibat latihan fisik atau olahraga yang terlalu bersemangat. Tapi apakah Anda tahu bahwa kebanyakan orang, khususnya di kota besar, memiliki pengalaman nyeri pada leher, punggung dan otot akibat dari aktivitas yang tidak berat lho. Uniknya adalah karena terlalu lama duduk. Sakit punggung merupakan salah satu penyakit umum yang dialami orang karena terlalu sering duduk atau berdiri pada posisi yang kurang tepat.

Selain itu, membawa beban berat, sikap tubuh yang buruk, dan gerakan yang berulang atau berlebihan dapat membuat ketegangan otot pada punggung dan daerah sensitif lainnya. Akibatnya dapat membuat kita menjadi kejang, otot tegang, dan sakit di bagian atas punggung, pinggul dan paha. Lalu bagaimana cara melakukan preventif dan mengobatinya?

Pijat refleksi (atau terapi otot) dapat menyembuhkan rasa sakit hingga ke akarnya dengan melakukan relaksasi pada otot-otot tegang dan meningkatkan fleksibilitas. Pijat juga akan mendorong aliran darah, yang membawa oksigen dan nutrisi, pada otot yang bermasalah. Semua proses yang berlangsung pada pijat refleksi akan mengurangi pembengkakan dan kekakuan pada otot dan meningkatkan fleksibilitas dan membantu menghilangkan rasa sakit. Terapi pijat pada otot juga akan melepaskan endorfin dan meningkatkan tingkat serotonin dan dopamin, semua hormon tubuh yang akan membantu kita merasa lebih baikan, membantu proses penyembuhan dan rasa nyeri, dan menenangkan saraf kita.

Manfaat yang kita dapat dari relaksasi pada otot

  • Mengurangi rasa sakit yang dihasilkan dari otot-otot yang tegang
  • Membantu relaksasi pada otot
  • Mengurangi ketegangan dan kekakuan pada otot