Pijat refleksi secara teratur memberikan manfaat yang besar disamping rasa relaksasi yang kita nikmati. Orang yang memiliki tingkat stres yang tinggi cenderung akan lebih sering sakit dibandingkan dengan yang lain. Kombinasi stres dengan kurang tidur dan gizi yang buruk, maka kemampuan sistem kekebalan tubuh kita yang secara alami melindungi diri dari bakteri dan infeksi akan sangat berkurang. Namun benarkah ada manfaat pijat refleksi terhadap sistem kekebalan tubuh kita?

Penelitian klinis telah menunjukkan bahwa terapi pijat secara teratur tidak hanya membantu meringankan stres, namun secara alami meningkatkan kapasitas sitotoksik sistem kekebalan tubuh dan menurunkan jumlah T-sel, yang selanjutnya akan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Gail Ironson, M.D., meneliti para pria yang mengidap HIV positif diberikan terapi pijat selama 45 menit selama lima hari dalam seminggu, dalam sebulan. Hasilnya adalah para pria tersebut menunjukkan terjadi peningkatan kadar serotonin dan peningkatan sel-sel yang dianggap sebagai garis pertahanan pertama dalam sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat yang kita dapatkan dari menguatnya sistem kekebalan tubuh:

  • Meningkatnya sel-sel alami tubuh
  • Membantu melawan bakteri dan infeksi pada tubuh
  • Meningkatkan kemampuan tubuh untuk mendapatkan nutrisi-nutrisi penting ke bagian penting tubuh secara alami.

Kesimpulannya adalah pijat refleksi bisa menjadi menu tambahan yang baik untuk program kesehatan Anda. Sama seperti olahraga teratur yang dapat menjaga otot kita menjadi kuat, pijat secara teratur juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kita untuk tampil sehat selalu.